Minggu, 12 Oktober 2014

Visi dan Misi

Perbedaan antara orang sukses dan orang gagal adalah bahwa mereka yang gagal tidak mau atau belum mempunyai visi dan misi, hal- hal yang diinginkan dan tujuannya. Sementara orang yang berhasil telah mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan dan yang telah dicapainya. Jadi setiap yang membutuhkan visi dan misi untuk meraih tujuan dan keinginannya.


1.    Tentang visi
Visi adalah angan- angan atau imajinasi seseorang tentang usaha atau bisnis atau diri mereka suatu saat nanti. Visi membicarakan dan mengkhayalkan hal- hal berikut :
a.    Wawasan yang menjadi tolak ukur arah pertumbuhan bisnis anda
b.    Sosok anda atau usaha anda di masa mendatang
c.    Bentuk usaha anda akan sebesar apa
d.    Alasan anda memasuki usaha di bidang tersebut
e.    Imajinasi mengenai posisi usaha anda dan ke mana bisnis anda mau dibawa

Jadi visi adalah sebuah tujuan, keinginan atau angan- angan gambaran masa depan perusahaan yang anda bangun, pilih dan anda besarkan. Oleh karena itu visi yang ideal harus bersifat :
a.    Sederhana : mudah dipahami, diimajinasikan dan dibayangkan besar dan ukuran ataupun posisi perusahaan anda
b.    Terukur : jika visi tidak sesuai dengan kondisi dan situasi atau terlalu muluk, visi akan berubah menjadi fiksi, sebuah khayalan semu yang mustahil untuk diwujudkan.
c.    Terjangkau : jika visi itu sederhana, terukur namun tidak dapat diwujudkan, visi tersebut tidak ideal untuk anda, meskipun mungkin ideal bagi orang lain.
d.    Beralasan : visi juga mengandung unsur pokok, yaitu alasan kuat untuk mengembangkan bisnis anda di masa mendatang, tanpa alasan yang kuat maka visi akan kehilangan semangat dan gairah.
e.    Ambisius : jika visi tidak mengandung unsur yang bersifat ambisius, visi juga akan kehilangan energi
f.    Periode waktu : visi dengan target waktu  yang jelas  akan memudahkan tingkat ketercapaian visi tersebut
g.    Strategis : visi yang tidak bersifat strategis tidak akan berdampak besar bagi usaha anda, sifat strategis yang dimaksud adalah :
1)    Bisa menjadi tujuan untuk bersaing
2)    Ada kejelasan hubungan antara keadaan saat ini dengan yang akan datang
3)    Perspektif kondisi anda saat ini ke masa mendatang
4)    Komunikatif

2.    Tentang Misi
Misi adalah bagaimana cara anda mewujudkan sebuah visi. Dalam misi selalu terkandung hal- hal berikut :
a.    Tujuan dan alasan keberadaan suatu organisasi
b.    Tindakan dan langkah- langkah yang harus dilakukan
c.    Alasan bisnis anda harus berkembang
d.    Cara mewujudkan tujuan anda

Jadi misi adalah usaha, pemikiran, langkah- langkah formal untuk mewujudkan sebuah visi. Artinya tindakan untuk memperjelas apa yang dikehendaki oleh pemilik perusahaan dan menjadi pegangan untuk menjalankan usaha anda sekarang dan yang akan datang hingga visi itu terwujudkan .

Unsur- unsur pokok sebuah misi adalah sebagai berikut :
a.    Kiat dan usaha untuk mewujudkan visi
b.    Nilai- nilai dasar organisasi yang dinyatakan dalam misi organisasi
c.    Segmen pasar dan pelanggan
d.    Pernyataan tentang produk atau jasa yang dimasuki
e.    Keyakinan yang kuat, asumsi dan budaya kerja dengan orientasi mutu
f.    Pernyataan strategis, jangka panjang dan jangka pendek

Misi akan bersifat efektif jika :
a.    Ringkas dan jelas
b.    Unik
c.    Fleksibel
d.    Bisa membantu untuk mengambil keputusan
e.    Budaya perusahaan
f.    Memberikan inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar