Minggu, 12 Oktober 2014

Semangat Pantang Menyerah dan Ulet

Ada beberapa hal yang harus dipelajari dan diketahui untuk menumbuhkan semangat pantang menyerah yaitu :
1.    Kegagalan
Banyak  orang yang mudah gagal, takut gagal dan tidak berkeinginan untuk mewujudkan hidup yang lebih baik. Banyak di antara merekan yang kemudian justru mengeluh, menyalahkan orang lain dan menghibur dirinya dengan mengatakan bahwa dirinya memang ditakdirkan hidup miskin. Sebenarnya pemikiran bahwa anda tidak bisa sukses sangatlah tidak tepat. Jadi tidak benar bahwa anda tidak bisa sukses. Kegagalan orang meraih kesuksesan berawal dari apa yang ia pikirkan. Bila ia berpikir bahwa dirinya tidak akan pernah meraih kesuksesan maka itu akan terjadi.


2.    Modal
Modal harus dimiliki oleh setiap pengusaha yang sukses. Namun hal ini pulalah yang menghambat orang untuk mulai berwirausaha. Ketika berbicara soal modal, anda selalu berpikir tentang modal uang yang besar. Sebenarnya modal uang hanyalah sebagian kecil saja. Selain modal, uang masih banyak modal lain yang bisa dipakai untuk memulai menjadi wirausaha yaitu :

a.    Ide
Banyak wirausaha yang sukses dengan bermodal ide yang cemerlang. Buatlah proposal yang berisi peluang dan ide kreatif untuk ditawarkan ke orang lain, saudara, teman atau investor dengan sistem bagi hasil.

b.    Pengalaman
Pengalaman kerja yang telah anda miliki selama di sekolah, magang atau membantu usaha teman juga bisa menjadi modal untuk mendirikan usaha sendiri. Hal ini karena anda sudah memiliki pengalaman dan telah menguasai pasar dan industrinya. Pengalaman sangat penting sebagai modal awal berwirausaha, terutama bila anda belum memiliki modal uang yang cukup.



c.    Jaringan
Selain pengalaman, anda pasti mempunyai jaringan seperti teman, tetangga, saudara, keluarga , orangtua, guru dan orang yang anda kenal lainnya. Memanfaatkan jaringan sudah sering digunakan untuk memulai belajar berwirausaha seperti MLM dan bisnis lainnya seeri broker penjualan mata uang , asuransi. Bisnis tanpa modal bisa anda lakukan bila anda mau belajar dan mengasah terus keterampilan menjual.

d.    Kreativitas
Merupakan pedang bagi orang yang ingin mengubah kesulitan menjadi sebuah peluang. Jadi bila anda mempunyai kreativitas, anda pasti memiliki banyak ide dan inspirasi bisnis. Jual ide dan inspirasi anda dengan kreativitas untuk menumbuhkan bisnis anda.

e.    Informasi
Masih banyak hal lain selain uang yang bisa digunakan sebagai modal untuk mendirikan sebuah bisnis. Modal uang bukan segala- galanya, jadi jangan takut untuk memulai sebuah usaha.
Perjalanan menuju sukses itu sangat panjang dan terjal, sehingga anda memerlukan sifat pantang menyerah dan ulet dalam menjalankan bisnis. Sikap pantang menyerah dan ulet dalam bisnis berarti tidak menyerah dan tidak mudah putus asa serta berkemauan keras untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar