Minggu, 12 Oktober 2014

Jiwa Kepemimpinan (Leadership)

1.    Perbedaan Manajemen dan kepemimpinan

Jika seseorang sudah mempunyai keinginan untuk memengaruhi orang lain untuk tujuannya, berarti telah terjadi kegiatan kepemimpinan. Pemimpin adalah orangnya sedangkan kepemimpinan adalah kemampuannya. Pemimpin dan kepemimpinan mempunyai arti penting dalam sebuah kelompok jika terjadi masalah, dalam mengatasi masalah, mengatasi resiko, konflik atau perselisihan di antara orang- orang dalam kelompoknya. Disinilah peran pemimpin sangat dibutuhkan untuk meletakkan pondasi usaha dan manajemen yang baik.



Kepemimpinan terkadang diartikan sebagai pemegang kekuasaan, pembuat keputusan serta inisiatif agar tujuan orgnasisasi bisa tercapai dengan baik.
Perbedaan kepemimpinan dan manajemen ada pada cara dan kegiatannya untuk mewujudkan sebuah tujuan. Bisa disimpulkan sebagai berikut :
a.    Manajemen adalah suatu kegiatan, cara dan proses untuk mengorganisasi, mempromosikan, merencanakan dan mengendalikan kelompok agar tujuannya bisa tercapai dengan baik. Singkatnya manajemen merupakan proses pencapaian tujuan organisasi melalui usaha orang lain.

b.    Manajer adalah orang yang senantiasa memikirkan kegiatan manajemen untuk mencapai tujuan organisasi, orang lain atau bawahannya.

c.    Kepemimpinan adalah kemampuan (seni dan ilmu) dari orang yang berusaha untuk mempengaruhi perilaku

d.    Pemimpin adalah orang yang mempunyai kemampuan (seni dan ilmu) kepemimpinan. Seorang manajer juga seorang pemimpin, namun seorang pemimpin belum tentu seorang manajer.

2.    Sifat- sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan
a.    Mempunyai kecerdasan
Kecerdasan emosi maupun intelektual seorang pemimpin lebih tinggi dari orang yang dipimpinnya, namun dalam rentang yang tidak terlalu besar.

b.    Hubungan dengan orang lain (interpersonal)
Kemampuan menjalin hubungan dengan orang yang sangat penting bagi seorang pemimpin dalam tujuannya untuk mengerahkan, membimbing dan memengaruhi orang lain agar tujuan organisasi bisa tercapai.

c.    Kedewasaan
Kepribadian yang bijaksana, tidak emosional, berpikir positif, matang dan bisa menjadi figur adalah modal penting dari seorang pemimpin untuk mencapai tujuannya.

d.    Memotivasi orang lain
Tanpa kemampuan untuk menciptakan semangat kerja yang tinggi, gairah dan memotivasi bagi orang lain, seorang pemimpin akan sulit mencapai tujuannya.

e.    Memotivasi diri sendiri
Kemampuan memotivasi diri sendiri sangat penting sebelum memotivasi orang lain.

f.    Sikap dan perilaku
Sikap dan perilaku seorang pemimpin menjadi contoh bagi orang lain sehingga secara tidak langsung tindakannya akan diikuti. Sikap dan perilaku yang baik dan benar akan mendorong orang lain bersikap yang sama.

g.    Integritas tinggi
Seorang pemimpin selalu menjaga integritas dan kesatuan kelompok agar tetap utuh.

h.    Humoris
Perjalanan menuju tercapainya sebuah kesuksesan memerlukan proses yang cukup lama. Apabila seorang pemimpin bersikap dingin, kaku dan angkuh akan memperlambat tercapainya tujuan kelompok. Pada saat itulah dibutuhkan humor untuk meredakan ketegangan  dan menambah semangat.

i.    Komitmen tinggi
Menjaga komitmen dari apa yang telah diucapkan, ditegaskan dan nyatakan sama pentingnya, dengan menjaga harga diri.

j.    Mampu memberikan wewenang
Harus bisa memberikan wewenang sesuai tanggung jawab kepada orang lain yang ada dalam kelompoknya.

k.    Menciptakan rasa aman
Kemampuan menciptakan rasa aman bagi kelompok adalah semua hal yang penting untuk menjaga gairah dan semangat kerja tim.

l.    Tegas dan disiplin
Ketegasan dan disiplin yang tinggi akan menjaga konsistensi irama kerja dan akan menjadi sebuah budaya dan etos kerja yang baik bagi kelompoknya.

m.    Visioner
Mempunyai visi dan misi serta meletakkannya sebagai pondasi tujuan jangkan panjang akan membuat anggota organisasi dann kelompok bekerja dengan arah yang jelas.

n.    Mengambil risiko
Seorang pemimpin yang baik harus berani mengambil resiko sebelum orang lain berani melakukannya. Tanpa keberanian ini pemimpin akan ditinggalkan oleh ara pengikutnya.

Itulah sebagian dari kunci kesuksesan seorang wirausahawan yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang andal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar