Kamis, 13 November 2014

Mematuhi Tata Tertib Sekolah

Sebagai siswa dan siswi yang baik, kita harus mematuhi semua tata tertib di sekolah kita. Banyak sekolah di jaman sekarang ini yang memberlakukan peraturan tata tertib yang lebih baik dan lebih disiplin untuk murid- murid serta guru- gurunya. Namun ternyata pada kenyataannya masih banyak siswa dan siswi yang tidak mematuhi tata tertib tersebut. Sekolah memang harus lebih banyak memberlakukan kedisiplinan bagi para muridnya, namun tentu harus dengan cara yang baik pula, siswa yang melanggar aturan siapapun itu termasuk jika siswa itu anak guru maupun kepala sekolah, sekolah harus tegas dan memberinya hukuman. Hukuman yang di berikan pada siswa juga tidak boleh terlalu berat namun harus tetap memberikan efek jera pada siswa tersebut.

Ada siswa di salah satu sekolah yang sangat sulit untuk mematuhi tata tertib di sekolahnya. Meskipun dia sudah di berikan hukuman atas pelanggarannya, namun tetap saja siswa itu tidak jera dan terus keesokan harinya untuk melanggar aturan tata tertib tersebut. Ha ini tidak boleh di biarkan, karena jika kita biarkan  maka lama kelamaan anak itu akan menjadi murid yang nakal dan berdampak buruk pada masa depannya.

Tidak sedikit murid yang  nakal dan terus melanggar tata tertib tanpa  mendapatkan efek jera pada hukumannya, yang akhirnya menjadi siswa yang nakal dan berujung pada drop out. Jika siswa sudah terlalu nakal dan bahkan di luar lingkungan sekolah, maka satu cara terakhir itu adalah mengeluarkan murid tersebut, jika murid sudah mendapatkan gelar drop out, maka masa depannya juga terganggu. Dia tidak akan mendapat kepercayaan lagi dari orang- orang di sekitarnya, bahkan ada yang tidak bisa melanjutkan sekolahnya, karena banyak sekolah yang tidak mau menerima murid yang sudah mendapat gelar drop out di sekolah lamanya. Jika sudah seperti ini, murid tersebut pun kehilangan masa depan dan juga masa- masa sekolahnya. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi, maka tugas guru dan orang tua yaitu sama- sama memberikan bimbingan yang terbaik untuk siswanya dalam upaya untuk menjadikan mereka disiplin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar