Selasa, 21 Oktober 2014

Tips Membantu anak memecahkan masalah






Berkomunikasi dgn Anak tidak lepas dari memperhatikan makna bahasa
  • Bahasa datang begitu alamiah bagi kita, sehingga kita mudah lupa bahwa betapa aneh dan ajiabnya karunia ini (Steven Pinker)
  • Anak usia dini sampai pada saat akan masuk usia sekolahà 13.000 kata (Steven Pinker)
  • Selain dengan bahasa verbal, anak prasekolah juga berkomunikasi dengan bahasa non verbal melalui reaksi dari emosi seperti menangis, mengoceh, atau melakukan perilaku “khusus”
Perkembangan Bahasa Selama Usia Prasekolah
  • Perkembangan Bahasa memuncak selama usia prasekolah
  • Kata-kata baru diperoleh dengan mengagumkan à didorong perkembangan otak yang pesat
  • Para anak prasekolah belajar memahami dunia sekitarnya melalui pengamatan dan interaksi sosial
  • Bahasa bagi anak prasekolahà sebagai alat komunikasi dan alat bantu untuk belajar mempraktekkan keterampilan sosial, seperti :
    • Bergantian bicara
    • Mendengarkan (aktif) dan menerima (pasif)
    • Menilai akibat atau hasil kata-kata yang diucapkan terhadap orang lain
Komponen-komponen dalam berbahasa yaitu :
  • Phonology ,menggambarkan sistem bunyi pada bahasa. Phonems merupakan unit bunyi yang membentuk kata
  • Semantik mempelajari arti dari kata-kata dan kalimat
  • Grammar menggambarkan struktur bahasa, sintaks (serangkaian aturan grammar yang mengarahkan bagaimana kata-kata dapat terbentuk menjadi kalimat), morfem (unit bahasa terkecil yang mengandung arti)
  • Pragmatik yaitu terdiri dari aturan bagaimana berbahasa yang tepat dalam konteks sosial (misal kita menggunakan bahasa yang simpel bila berbicara dengan anak-anak)
Modal Pendidik dalam Berkomunikasi
  • Contohkan sikap mendengarkan dengan baik
  • Penerimaan Diri Apa adanya pada anakà empati
  • Kejujuran—Keterbukaan
  • Ekspresi disesuaikanà eye contact
  • Bahasa Tubuh
  • Mendengarkan secara aktifà tanya bila tdk jelas
Teknik Umum Komunikasi Pendidik Prasekolah
  • Mempelajari tanda bahaya (kondisi fisik dan psikologisnya)
  • Contohkan sikap dan memperhatikan anak bila mereka sedang bicaraà berdiri sama dan sentuh bahunya
  • Bahasa sederhana dan menggunakan contoh
  • Gunakan media untuk menggali perasaan anak.
  • Merefleksikan apa yang diucapkanàpenegasan
  • Jangan lupa memberi penguat (kata-kata atau pelukan) bila anak berhasil melakukan sesuatu
Beberapa Contoh Aplikasi Mendorong Anak untuk Berkomunikasi yang Tepat
  • Anak yang selalu menangis atau “berulah” bila menginginkan sesuatu” atau anak yang jengkel
  • Gunakan kata-kata, seperti “ minta …..
  • Ibu senang kamu berhenti menangis, ayo tarik nafas, dan katakan apa yang kamu rasakan
  • Anak yang berkelahi—rebutan mainan
  • Ayo, tidak bertengkar, “mainlah bersama-sama dan bergantian, caranya……..ini pasti akan lebih mengasyikkan untuk kalian berdua
  • Mengajarkan perilaku yang tepat
  • Beres-beres mainanà anak yang hebat, bila habis bermain akan membereskan mainan…hayo ibu bantu..caranya…..(perilaku yang akan dilakukan di “operasionalkan)
  • Menghadapi anak yang tidak mendengar karena sibuk
  • Beti, ibu tahu kamu asyik, namun ibu ingin bicara sebentar
  • Sikapi stimulusnya
  • Menyela pembicaraan
  • Katakan, “ ibu akan mendengar adek bila ibu selesai bicara, tunggu sebentar..” (selesaikan kalimat akhir, lalu beralih kepadanya…)
  • Jangan lupa kasih penguat (terima kasih sudah menunggu)
  • Berkata kasar/tidak sopan
  • Kata itu tidak baik, kamu bisa mengganti dengan kata…….. (coba ulangi lagi—pastikan bahwa anak bisa mengucapkan kata tersebut)
  • Sering melempar mainan
  • Mainan itu untuk dimainkan
  • Mainan itu akan senang sehingga tidak mudah rusak, bila kamu bisa main dengan baik
  • Kamu boleh melempar dengan bola
  • Anak yang selalu bergerak
  • Tangan dan kaki selalu membantu kita, kitapun bisa menolongnya untuk beristirahat dengan cara………
  • Anak yang selalu mengejek
  • Bicaralah dengan kata-kata yang baik
  • Bicaralah dengan kata-kata yang membuat ibu / temanmu tersenyum
  • Anak yang sering memukul/menendang
  • Tangan dan kaki itu berguna untuk…….. dan kamu boleh menendang/memukul kepada bola atau balon
  • Anak yang sering berteriak
  • Ibu/Bapak lebih senang kalo kamu bisa bicara perlahan
PERHATIAN!!! Aplikasi Mendorong Anak untuk Berkomunikasi yang Tepat
  • Bila anak berkata tidak sopan atau kasar :
    • Jangan tertawa (walau lucu)
    • Jangan bereaksi berlebihan
    • Jelaskan bahwa kata-kata itu tidak membuat Anda tersenyumà ajarkan kata-kata yang tepat
    • Jaga kata-kata dan sikap Anda sebagai pendidik, ini bisa ditiru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar